Belajar Ngoding Dengan Cara Yang Seru





Hai teman-teman, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang ngoding dengan cara yang seru, kita tidak dihadapkan dengan coding pada umumnya, tapi disini menggunakan metode yang seru. Jadi kita akan seperti ngoding, namun kita hanya seperti bermain game. Seru bukan? Langsung saja kita menuju ke web nya.


https://code.org/


Setelah masuk, pilih bahasa. Disini saya menggunakan Bahasa Indonesia. Lalu dikanan atas ada tulisan Masuk, klik dan tampilan akan seperti ini : 


Saya sarankan jangan mendaftar dulu, melainkan coba salah satu pilihan yang ada dibawah. Disini saya ambil contoh Frozen. Klik dan akan muncul halaman seperti ini :


Jika ingin melihat videonya silahkan, setelah itu klik tanda silang untuk menutup videonya. Lalu tampilannya seperti ini : 


Keterangan : 
1. Untuk mengatur seberapa speed yang diinginkan saat program dijalankan.
2. Kode blok untuk ditaruh berurutan sesuai yang diminta, diletakkan pada Area Kerja.
3. Area Kerja untuk meletakkan kode blok sesuai yang diminta.

Setelah teman-teman memahami apa saja fungsi dan yang diminta, maka lakukanlah sesuai apa yang diminta. Contoh saya menyelesaikan apa yang diminta di tahap 1 dari 20 : 


Nah, setelah itu silakan klik Lanjutkan dan selesaikan semua tahapnya. Dan ingat ya, jangan mencontek, karena buat apa kalo ngoding seperti ini saja masih nyontek. Banggalah dengan hasil teman-teman sendiri.
Setelah teman-teman menyelesaikan semua tahapnya, maka teman teman akan mendapatkan sertifikat seperti ini : 


Jadi seperti itu teman teman, ngoding dengan cara yang seru. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan pengetahuan teman teman semua. Terimakasih sudah membaca artikel saya ini.