Betapa Asiknya Hidup di Era Digital


Halo sobat, sebelumnya saya ingin memastikan bahwa saya dan sobat saat ini Hidup di Era Digital, bukankah begitu? Ya, di era ini kita sudah memasuki Era Digital, dimana semua hal bisa terkoneksi dan berhubungan. Nah Digital itu sendiri apa sih artinya? Menurut Wikipedia, Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani artinya jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yaitu terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Nah itu sedikit pengertian Digital ya, lanjut kita.



Pada jaman dahulu tidak secanggih sekarang, saya tidak mengatakan lebih enak sekarang, karena mungkin ada beberapa orang yang mengatakan Era Digital ini adalah penjajahan diri, dulu orang orang lebih merdeka. Namun saya mengatakan jaman sekarang lebih canggih. Nah lebih canggih ini bisa memberikan efek yang begitu luar biasa. Orang-orang dipaksa untuk menerima Era, mau tidak mau. Saya ada cerita nih sobat, yang memberitahu saya yaitu Ibu dan Bapak saya berkata "jaman sekarang itu enak, kamu bisa belajar, cari apa saja di internet, dulu Ibu sama Bapak-mu mau belajar saja harus ngonthel dari rumah ke persewaan buku." Mendengar waktu itu sontak kita yang sudah menikmati Era Maju ini bersyukur bukan? Dan biasanya yang belum terbiasa dengan Era ini adalah Orang Tua / Orang pedalaman yang untuk berkomunikasi melalui telefon seluler saja sulit. Nah, kita yang bisa menerima dan terbiasa akan Era Digital ini akan menemui dua hal, yang pertama sisi positif dan negatif.

Sisi positifnya yang bisa saya ambil : 
  1. Lebih berpeluang, dalam arti kita yang bisa memanfaatkannya bisa mendapatkan apa yang tidak bisa orang banyak dapatkan. Contoh : Pekerjaan.
  2. Lebih berfikir cerdas  dan selektif, pada jaman ini, berita sangatlah mudah dibuat dan disebar, biasanya orang yang tidak terbiasa dengan Era ini akan lebih kurang menyaring apa yang mereka lihat. Contoh : Berita hoax.
  3. Lebih luas hiburannya, orang yang bisa memanfaatkan atau bisa menerima Era ini akan lebih memiliki lapangan luas dalam hiburan, karena mereka bisa menemukan apa yang mereka inginkan. Contoh : Video lucu.
  4. Lebih berwawasan, dalam Era digital, informasi sangat mudah ditemukan dan diakses. Kemudahan ini yang membuat mereka yang mau menggunakannya dengan bijak akan lebih berwawasan luas.
Sisi negatifnya yang bisa saya ambil : 
  1. Resiko tinggi, mereka yang bisa menggunakan dan memanfaatkan Era Digital akan lebih mudah mengakses dan mendapatkan informasi, nah orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini yang akan memanfaatkan momen untuk berbuat hal yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Contoh : Pencurian dan penyebaran data.
  2. Terjerumus, sesuai poin positif nomor 2, orang yang tidak bisa menerima / tidak terbiasa dengan Era ini akan terbawa arus, kurangnya rasa selektif dan tidak berfikir secara cerdas akan membuat orang mudah terbawa dan kurang tahu mana yang benar dan mana yang tidak.
Saya tidak akan membahas sisi positif dan negatif terlalu dalam, karena kita disini membahas Asiknya Hidup di Era Digital.



Membaca kata FUN, harusnya kita sepakat bahwa FUN identik dengan kesenangan, kebahagiaan bukan? Tentu, di Era Digital ini saya pribadi merasa senang, karena apa? Disini, di area yang sangat luas ini, saya bisa menemukan apa yang saya inginkan, saya butuhkan.  Saya bisa memilih dan mengetahui peluang-peluang apa yang bisa saya ambil, bahkan bisa menjadi uang. Yang penting kita tetap up to date dalam konteks yang positif. Di Era Digital ini rugi rasanya kalau kita tidak menikmatinya, banyak orang yang FUN karena bisa memanfaatkan kesempatan di Era Digital ini dengan baik. Tidak sedikit orang yang menemukan pekerjaan yang mereka sukai di Era Digital ini, contohnya berawal dari ngeblog menjadi Script Writter, dan lain-lain. Tentu kita akan tambah senang jika apa yang kita kerjakan adalah berdasarkan kesenangan kita, selain kerja tidak membuat kita penat, kita juga tidak terlalu merasa beban karena pekerjaan itu sendiri. Di Era ini, hiburan Digital juga banyak, contoh saja jika kita malas pergi ke Bioskop, kita tinggal bayar dan nonton film dari rumah, bersama keluarga, pacar, atau jomblo?

Oke, jika senang atau FUN saja belum cukup, kita juga dipermudah di Era Digital ini, pokoknya semakin hari, apapun semakin mudah, Teknologi semakin berkembang, dan kita harus sadar dan terima akan hal itu.

Oleh karena itu, lagi-lagi kita harus memanfaatkan-nya dengan baik. Jangan buang waktumu jika memang hal tersebut sudah bisa dilakukan secara mudah, apapun itu. Dengan hal-hal yang semakin hari semakin dimudahkan, tentu produktifitas manusia harusnya meningkat, karena dengan dimudahkan-nya suatu hal, maka akan memunculkan pemikiran "daripada buat itu, mending ngelakuin ini." Di Era ini, tidak jaman-nya lagi orang mengatakan "gitu saja kok malas", kalau memang bisa dipermudah, hiraukanlah orang-orang seperti itu. Kita bukan lagi berbicara tentang proses, tetapi efisiensi waktu dan tenaga. Tapi jangan terus kalau sobat lagi sekolah dan ujian mencontek dengan pemikiran "apa-apa kan sekarang mudah, saya gak bisa hitung-hitungan mau googling dan pakai kalkulator masa gak boleh?" Itu sudah beda konteks sobat. 

Daritadi kita membahas tentang liku-liku Hidup di Era Digital bukan? Selanjutnya saya akan bercerita tentang pengalaman saya yang membuat pemikiran di otak saya kalau "Hidup di Era Digital itu asik."
Dengan fasilitas yang bisa saya gunakan dalam hidup saya, seperti PC dan Internet, peluang yang bisa saya dapatkan semakin luas. Saya pernah bermain salah satu Game, dalam game itu tidak sedikit anak kecil yang bermain, bahkan saat saya memainkannya pun, teman-teman saya tidak hanya oke-oke saja, melainkan heran, seorang saya yang dimana "main game PC" kok main game ginian faedahnya apa? Saya yang mendengar hal tersebut juga lama-lama terbiasa dan terima-terima saja. Dalam game tersebut kita hanya perlu farming untuk mendapatkan suatu hal yang nantinya kita bisa gunakan untuk dijual dan menghasilkan uang. Memang, semua juga butuh kesabaran, gak semua hal bisa ez money, tapi dengan kesabaran ini, maka menghasilkan sesuatu yang lumayan, yaitu uang. Jumlahnya pun tidak sedikit, namun juga tidak banyak, ya..tetap banyakan UMR Semarang lah. Tetapi semakin kesini, berjalan-nya waktu, waktu saya untuk farming di game tersebut semakin berkurang, yang dimana membuat saya memutuskan untuk berhenti bermain dan menjual aset yang saya miliki di game tersebut.
Itu baru game teman-teman, selanjutnya saya ada pengalaman lagi membuat video di platform yang besar, yaitu YouTube. Sebelum YouTube mengeluarkan kebijakan yang baru, dulu kreator bisa memonetisasi video mereka, jika sudah menjadi partner AdSense. Lumayan loh sobat, dengan beberapa video saja saya bisa menghasilkan ratusan ribu Rupiah. Namun karena kebijakan YouTube yang baru, channel saya belum memenuhi kriteria untuk bisa memonetisasi video-video saya kembali, sayang sekali yah.



Nah, dengan pembahasan kita dan cerita saya diatas. Ayo, kita yang memiliki fasilitas yang ada, pergunakan-lah dengan baik. Karena peluang-peluang emas ada di Era ini. Banyak sekali kesempatan yang bisa sobat ambil mulai dari sekarang. Contohnya sobat bisa menjadi blogger, setelah merasa blog sudah pantas bisa menayangkan iklan, daftarlah menjadi partner AdSense. Konten kreator di YouTube, setelah memenuhi kriteria monetisasi, kita bisa mendapatkan pundi-pundi uang disana. Atau juga bisa dengan bermain game yang tentunya game itu sendiri harus mempunyai peluang yang bisa diambil. Tetapi ingat sobat, jika sobat ingin berkarya, buatlah konten yang orisinil, jangan copy-paste atau menjiplak karya orang lain, lebih baik mencari referensi dan membuatnya dengan versi kita sendiri.


Sekian sobat, semoga pembahasan dan cerita pengalaman saya diatas dapat membuat kita sadar bahwa "Hidup di Era Digital ini asik."

all image source: google images