Website Untuk Belajar Ngoding



Halo sobat, pernah gak sih sobat menonton film tentang hacking dan melihat salah satu scene dimana ada seorang / grup seperti sedang mengcoding sesuatu? Nah, kelihatannya susah bukan? Yup, ngoding itu susah susah gampang, bagi sebagian orang ngoding itu sebuah hobi dan senang aja untuk ngoding. Tapi tidak sedikit juga loh yang lihat satu line code saja sudah malas, mengeluh, dan lain-lain.


Sebenarnya ngoding itu kegiatan yang seru, DISAAT kita memiliki suatu tujuan, target, dan semacamnya yang bisa mendorong semangat kita untuk ngoding. Analoginya seperti kita memasak, disaat kita belum pernah memasak suatu makanan, kita tentu mencari terlebih dahulu resep makanan yang akan kita gunakan nanti, betul? Nah, setelah resep kita dapatkan, kita akan mencari tahu bagaimana kita memasaknya, setelah itu baru kita mencoba untuk memasaknya. Apakah hanya seperti itu? Ya, namun apakah masakan tersebut sesuai dengan ekspektasi? Belum tentu, mungkin terkadang sesuai, mungkin salah satu bahannya terlalu berlebihan, atau memasaknya terlalu lama dan sebagainya. Nah ngoding itu bisa dianalogikan seperti memasak.


Lalu bagi orang awam yang ingin belajar ngoding gimana? Nah, disini ada 2 opsi sobat, yang pertama, sobat bisa kuliah atau kursus. Yang kedua sobat bisa otodidak. Kalau otodidak bukannya susah ya? Belum tentu, susah atau tidaknya itu tergantung dari sobat sendiri, bagaimana memahaminya. Nah, di artikel kali ini, saya akan memberitahu sobat yang ingin belajar ngoding atau ingin mencoba skill nya dalam ngoding.




Jadi website ini bernama SoloLearn, sobat bisa kunjungi websitenya di SOLOLEARN pertama tama, sobat bisa membuat akun terlebih dahulu, gampangnya, sobat bisa login menggunakan akun Facebook sobat. Lalu sobat bisa klik tulisan COURSES dan sobat akan melihat banyak sekali bahasa pemrograman di website tersebut, mulai dari dasar hingga advance. Sobat bisa pilih salah satu dari banyak bahasa pemrograman tersebut. 




Kedua ada website bernama W3Schools, sobat bisa kunjungi websitenya di w3schools berbeda dengan SoloLearn, disini kita tidak perlu membuat akun untuk mulai belajar. Oiya, pilihannya juga berbeda dengan SoloLearn, bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan sobat.

Lalu sobat harus mulai darimana? Saya sarankan jika sobat adalah seseorang yang baru mau mengenal coding, alangkah baiknya mempelajari dasarnya terlebih dahulu, mulai dari C,C++,C#. Sobat juga bisa belajar bahasa pemrograman untuk sebuah website, yaitu HTML, PHP, JavaScript, jQuery, dan CSS. Banyak variasi bahasanya, tinggal sobat sesuaikan saja ingin mendalami yang mana. Saran lagi dari saya, ketika sobat ngoding, jangan pernah copy dan paste saja, bahkan kalau sobat mencontek pun, usahakan untuk mengetik sendiri, kenapa? Karena dengan mengetik sendiri, sobat secara perlahan membuat memori di otak dan cepat atau lambat itu menjadi sesuatu yang akan membantu sobat. Saya juga pernah membaca di Fanpage Facebook apa saya lupa, mengatakan kalau tidak salah intinya " Lebih baik mendalami satu bahasa daripada 1000 bahasa kalau kamu tidak bisa menggunakannya ", kira-kira seperti itulah, maaf kalau salah.


Nah mungkin untuk artikel ini cukup sekian saja, mungkin jika saya menemukan website yang serupa nanti bisa saya tambahkan disini, atau jika sobat mengetahuinya bisa berbagi di komentar. Semoga artikel ini bisa membantu, dan terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Terimakasih.