Dasar Pemrograman Bahasa C : CodeBlocks


Selamat datang di Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C. Disini saya akan membahas dasar dasar dalam bahasa C. Sebelum kita mulai untuk belajar ngoding, alangkah baiknya kita mengenal dasarnya terlebih dahulu, selain memudahkan kita untuk memahami setiap kasus yang ada, juga akan menjadi Fondasi kita untuk ngoding menggunakan bahasa C.

Code::Blocks adalah suatu program lingkungan pengembangan terpadu bebasnirlababersumber terbuka dan lintas platform. Program yang ditulis dalam C++beserta wxWidgets untuk GUI-nya ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator, contohnya GCC dan Visual C++. Peralatannya yang tersedia tergantung dari "plugin" yang ada dipasang. ( Menurut Wikipedia. )

Halo teman teman, sebelum kita ngoding, pasti ada suatu program kan? Nah dipembahasan saya untuk Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C akan menggunakan CodeBlocks.
 Jika belum punya, bisa scroll kebawah untuk link.  Saya sarankan untuk mendownload yang codeblocks-xx.xxmingw-setup.exe. xx.xx itu adalah versi Code::Blocks tersebut. Jika sudah kita akan mulai membuat project : 


Tampilan awal saat kita membuka CodeBlocks seperti ini : 


Selanjutnya klik File di pojok kiri atas lalu New lalu arahkan kursor kekanan dan pilih Project, maka muncul pop up seperti ini :
pilih yang Console application, klik 2x, lalu akan menjadi seperti ini : 
pilih yang atas yaitu C karena kita akan belajar Bahasa C, lalu klik next, maka akan sperti ini : 
Isi Project Tittle sesuai selera, tentukan destinasi penyimpanan project, setelah itu klik next, maka akan seperti ini : 
Untuk Compiler tidak perlu diubah-ubah jika download CodeBlocks-nya seperti yang saya sarankan, lalu klik Finish dan kita akan melihat tampilan seperti ini : 
Keterangan : 
1. Work tree, project project yang kita buka akan berada "tree" nya pada sisi itu
2. Work area, jendela untuk kita ngoding, tempatnya code diletakkan
3. main.c bar, main.c pada project yang kita buka akan tertera di main.c bar
4. Build and Run (F9), yaitu perintah untuk Build dan Menjalankan project

Nah, kurang lebihnya seperti itu teman teman, setelah teman teman membaca ini, pastinya sudah siap dengan ngoding dong, yuk belajar tahap demi tahap, jangan ada yang dilewatkan ya teman teman.