Dasar Pemrograman Bahasa C : Switch Case


Selamat datang di Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C. Disini saya akan membahas dasar dasar dalam bahasa C. Sebelum kita mulai untuk belajar ngoding, alangkah baiknya kita mengenal dasarnya terlebih dahulu, selain memudahkan kita untuk memahami setiap kasus yang ada, juga akan menjadi Fondasi kita untuk ngoding menggunakan bahasa C.


SWITCH CASE

Switch Case digunakan untuk menangani kasus percabangan dengan kondisi berupa nilai konstanta tegas, biasanya berupa bilangan bulat atau karakter tunggal.
Implementasinya bisa untuk menu makanan,vending machine, dll. Untuk contohnya saya pernah bahas di lain artikel, jika teman teman mau melihatnya, bisa scroll kebawah klik tombol warna Kuning.
Perbedaan Switch Case dengan IF adalah pada if else dapat menangani berbagai macam ekspresi logika, sedangkan Switch Case hanya berupa konstanta tegas.

Format Penulisan Switch Case

INFORMASI PENTING

Gunakan if else jika syarat kondisi yang dibutuhkan lebih spesifik dan memiliki berbagai macam kriteria yang melibatkan ekspresi aritmatika, logika, dan relasional.
Contoh implementasi : Penentuan nilai Grade berdasarkan Nilai Akhir, Penutupan bilangan ganjil, genap, positif, negative.

Gunakan Switch Case jika kondisi yang dilakukan seleksi berupa nilai tegas / nilai bulat, misalnya angka dengan nilai 1,2,3,4,5,dst. Kalau karakter tunggal misalnya 'a','b','1',%',&', dll.
Contoh implementasi : Pilihan Menu seperti misalnya menu cafe, mesin ATM,dll. 

Perintah else pada struktur if else, tidak selalu harus diletakkan pada akhir struktur if, namun hanya digunakan untuk pilihan terakhir jika tidak ada kondisi yang terpenuhi.

Perintah Default pada Switch Case mempunyai makna yang sama dengan else pada struktur  if else, yaitu sebagai pemberi aksi terakhir apabila tidak ada case yang memnuhi. Pemberian Default pada Switch Case tidak harus dilakukan.
Sekian pembahasan tentang Dasar Pemrograman Bahasa C : Switch Case, jika teman teman ada yang kurang paham atau kurang jelas bisa untuk komen dibawah atau bisa kontak saya. Terimakasih.